Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi. 

Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat. 
Bebalung Sapi, Masakan Lombok, wisata kuliner, liburan ke Lombok, resep masakan, resep rahasia, maknyus,
Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com

Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah menikmati hidangan segar ini mereka akan lebih bertenaga. Ternyata bebalung memiliki arti "tenaga". Kalau di Jawa atau Bali, balung atau bebalung punya arti sebagai tulang, tentu bukan tulang dalam bahasa Batak ya? He he he. 

Apakah anda juga penggemar Sop Iga Sapi? Nah, anda tentu tidak akan terkejut kalau mencoba hidangan khas Lombok ini, namun tentu Bebalung sapi memiliki rasa khas. Daripada bertele-tele, sebelum jalan-jalan ke Lombok, yuuk kita coba dulu resep ini, dan bandingkan setelah anda benar-benar liburan ke sana. 

Bahan-bahan yang harus anda siapkan sebagai berikut:

500 gram iga sapi (usahakan sapi muda ya?)
2 liter air
10 buah belimbing wuluh belah dua memanjang
2 sdt garam
½ sdt kaldu bubuk
2 sdm minyak untuk menumis

Siapkan pula bumbu halus :

3 buah cabai keriting merah
3 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 ½ ruas kencur
½ sdt terasi
2 batang serai, dimemarkan
½ sdt merica butiran
2 ruas lengkuas, dimemarkan

Cara memasak Bebalung Sapi supaya makin maknyus:

Rebus iga hingga dagingnya empuk. Buang kotoran yang mengapung supaya hidangan nampak indah dipandang mata, dan tentu akan lebih nikmat. Lalu, tumis bumbu halus, lengkuas dan serai hingga matang dan harum. Setelah itu masukkan ke dalam rebusan iga. Tambahkan potongan belimbing wuluh, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan tuangkan ke dalam mangkok, dan bisa anda nikmati bersama-sama keluarga. 

Catatan: Jika anda tidak sukses menemukan tulang iga, anda bisa menggunakan daging sapi biasa, namun usahakan anda juga membeli tulang sapi dari bagian lain. Konon tulang akan membuat sop anda semakin gurih. 

Oh ya, supaya anda semakin ahli untuk membuat Bebalung Sapi khas Lombok ini, yuuk saksikan demo masak pada video ini. 



Video ini bersumber dari siaran TVRI tercinta yang penuh semangat melestarikan budaya kuliner dan memasak khas Nusantara. Cintailah seni memasak Indonesia. Kalau anda peduli pada pelestarian makanan asli Indonesia, ayo kita share artikel ini ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, WA dan BlackBerry Messenger. 


Reactions:

0 comments:

Post a Comment