Skip to main content

Coba Resep Baru Yuk

Translate

Resep masakan sehat: Lotek khas Cirebon

Ada banyak masakan Indonesia yang bisa membuat hidup lebih sehat, bahkan berdampak pada kecantikan khususnya kulit. Kita mengenal gado-gado Jakarta, Tipat Cantok khas Bali atau lalapan khas Sunda dengan sambelnya yang bikin ketagihan. Kalau anda punya waktu, anda bisa ke Cirebon untuk mencoba Lotek. Ternyata bukan hanya di Bandung lho ada Lotek. Mantap kan? 

Cirebon bukan hanya ngetop dengan rajungan atau Nasi Jamblang, ternyata Lotek khas Cirebon ini juga maknyus dan enak banget, apalagi kalau anda bercita-cita untuk lebih langsing. Ayo kita coba resep kebanggaan warga Cirebon ini. 


Lotek Cirebon, Resep Lotek Cirebon, Kuliner Cirebon, bisnis kuliner, masakan sehat, menu sehat
Lotek Cirebon. Image: resepmemasak.web.id

Supaya makin enak, pastikan anda menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut:


  • 1 ikat bayam (boleh dua ikat lho, kalau ada yang mau ikutan)
  • 1 buah wortel ukuran kecil
  • 4 buah tahu
  • 1 genggam kacang tanah
  • 4 buah cabe rawit
  • 1 buah bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 2 lembar kubis, iris tipis
  • 1 genggam kecambah
  • 1 buah tomat (iris tipis)
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 lembar daun jeruk
  • Air asam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa secukupnya 

Nah, ini cara memasaknya. Sangat sederhana, dan dijamin ketagihan:


1. Rebus semua sayuran kecuali kubis, tiriskan. 
2. Sangrai kacang tanah hingga matang.
3. Uleg cabe, bawang putih, kencur, daun jeruk, terasi, garam hingga halus lalu tambahkan kacang tanah dan 2 sdm air asam jawa.
4. Setelah halus, tambahkan gula merah dan air secukupnya (jangan terlalu encer).
5. Masukkan semua sayuran, tomat, dan tahu aduk rata. Sajikan dengan kerupuk dan ketupat. Apakah boleh disajikan dengan lontong? Ya boleh saja, kan mirip. Sesekali perlu kreatif. Setuju kan? 
Lotek Cirebon, Resep Lotek Cirebon, Kuliner Cirebon, bisnis kuliner, masakan sehat, menu sehat
Lotek Cirebon. Image: cookpad.com

Lotek khas Cirebon ini pas banget dinikmati pada hari minggu bersama seluruh anggota keluarga, tentu kalau anda belum ada acara wisata kuliner ke Cirebon, Bali atau Palembang. 

Dengan menikmati Lotek ini, siapa tahu anak-anak anda lebih mudah diajak makan sayur-sayuran, apalagi ada tahu yang punya banyak manfaat. 

Kalau ada tetangga atau keluarga dan teman-teman yang mengalami masalah kesehatan seperti kolesterol, maka anda bisa share resep ini, sehingga mereka ikut hidup sehat. 

Selain enak dinikmati di rumah, Lotek Cirebon bisa menjadi "peluang bisnis kuliner" baru di lingkungan rumah anda, yang pasti mengundang selera warga dan orang-orang yang lewat. Ayo cobain. 

Mau resep yang lebih unik? Ayo baca artikel di bawah ini, cek di link  di bawah ya:

Resep rahasia: Bebalung Sapi khas Lombok, NTB. Segar maknyus


Comments

Popular posts from this blog

Bebalung Sapi khas Lombok. Resep rahasia lengkap dengan video demo. Maknyus

Selain wisata kuliner ke Bandung, Jogjakarta, Belitung atau Bali, barangkali anda sudah pernah liburan dan sekaligus mencoba makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung. Namun, liburan ke Lombok, rasanya kurang sempurna tanpa mencicipi kuliner khas lainnya, Bebalung Sapi.  Masakan khas ini cocok sekali bagi kita yang doyan dengan menu-menu sejenis sop atau gulai dari daging sapi dan tetelan tulang yang masih muda. Masakan bebalung khas ini dibuat hanya dengan beberapa bahan dan bumbu saja yang pastinya tidak akan sulit untuk kita siapkan. Anda bisa membeli bahannya di pasar terdekat.  Bebalung Sapi Lombok. Image: konfrontasi.com Bebalung Sapi paling mantap jika disantap dalam keadaan panas di suasana sore hari atau saat makan siang yang sedikit dingin dan tentunya disantap bersama-sama dengan keluarga atau teman arisan, bahkan saat reunian. Yang unik dari Bebalung ini adalah karena masyarakat asli Lombok percaya bahwa setelah meni

Sup Kacang Merah Brenebon asli Manado

Apakah anda sudah pernah jalan-jalan ke Manado, Sulawesi Utara? Jika anda penggemar scuba diving, maka anda pasti ingin ke Bunaken. Di Manado dan sekitarnya seperti di Kawanua, Tomohon, Danau Tondano dan sekitarnya, anda juga bisa menikmati hidangan khas yang lezat seperti ikan tude. Manado juga cocok untuk destinasi wisata kuliner. Ada aneka rasa dan ragam hidangan Manado, salah satunya adalah Sup Kacang Merah Brenebon.  Jika anda belum sempat wisata kuliner ke Manado, anda tidak perlu khawatir karena di kota lain seperti Jakarta, maka Sup Brenebon ini juga bisa anda temukan. Sebelum anda mencobanya, barangkali anda perlu mengetahui sejarah singkat sup yang bisa membuat anda segar dan sehat ini. Berbeda dengan masakan Manado atau Kawanua lainnya yang pedas, maka Sup Brenebon ini cocok untuk siapa saja, bahkan jika anda punya pacar dari Belanda atau Amerika.  Kata Brenebon atau kacang merah konon berasal dari Bahasa Belanda yang dikenal pada jaman VOC ( Vereenigde Oostindische Comp

Barack Obama dan rahasia resep Nasi Goreng Indonesia

Barack Obama presiden USA ke 44 bukan hanya terkenal di Amerika Serikat, bahkan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia. Obama pernah menikmati masa kecil dan bersekolah di Indonesia. Setelah pensiun sebagai presiden, Obama sangat menikmati purna tugasnya, dengan berlibur ke Karibia bermain kitesurfing bersama milyarder Richard Branson di British Virgin Island, ke Hawaii, lalu makan makan bareng  Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, di sebuah cafe di Montreal, Kanada.  Jokowi nyantai dengan Obama di Bogor. Image: netz.id & inforesepku.com Selain bermain basket, Obama punya hobi yang mirip dengan banyak orang, makan-makan. Karena itulah ketika berlibur alias mudik di Indonesia yang dimulai pada 23 Juni 2017, presiden yang bergaya santai ini tidak menyia-nyiakan masa liburannya di Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jakarta untuk menikmati makanan masa kecilnya di Menteng atau Yogyakarta.  Nasi Goreng. Image: en.wikipedia.org Obama sempat membuat heboh pada

Enjoy Life